Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz29cfUV3d1

Selasa, 20 Maret 2012

PERILAKU KEORGANISASIAN

NAMA : maya ikhlasiyah
KELAS : 2 ea 17
NPM     : 14210284


I. ORGANISASI


A. DEFINISI DAN PENGERTIAN ORGANISASI

1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


B.  Pengertian organisasi :

Ø Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal     dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah    ditetapkan.
Ø Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk      mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan        yang ada.
Ø Organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu wadah atau tempat untuk       melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan      bersama.


C.    Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.


D.  Unsur – unsur organisasi terdiri dari :

1.     Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama
Organisasi merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang – orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang- orang untuk melaksanakan suatu kerjasama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan.

2.     Proses kerjasama sedikitnya 2 orang
Selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya 2 orang. Dalam prakteknya jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak – pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik – baiknya.


3.     Adanya tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu kepercayaan yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.



II.           PERILAKU INDIVIDU

PENGERTIAN PERILAKU INDIVIDU :
Perilaku individu adalah suatu fungsi antara individu dengan lingkungannya yang bersifat formal maupun non formal.di dalam perilaku individu terdapat 4 ciri utama individu yang harus diperhatikan karena akan mempengaruhi efektifitas organisasi yaitu :

A.   Persepsi ( perception)
Persepsi adalah proses pemberian arti oleh individu kepada organisasi. Persepsi ini sering dipengaruhi berbagai hal, seperti factor situsional, kebutuhan dan emosi serta karakteristik manajer seringkali mempengaruhi konsep persepsi selektif.

B.   Sikap ( attitude)
Sikap adalah kesiapsiagaan mental yang dikendalikan melalui pengalaman yang mempunyai pengaruh kepada respons seseorang terhadap sesuatu.

C.   Kepribadian ( personality)
Kepribadian merupakan masalah yang paling sulit dihadapi oleh seseorang yaitu memahami hubungan antara perilaku dengan kepribadian. Untuk mengerti dan memahami factor – factor tersebut, perlu dilakukan pendekatan humanistis guna memberikan tekanan pada pengembangan dan aktualisasi diri dari individu.

D.   Pembelajaran ( learning )
Pembelajaran merupakan proses terjadinya perubahan yang relative tetap dalam perilaku sebagai akibat dari suatu praktek.



III.                     INTERPERSONAL


PENGERTIAN INTERPERSONAL

Interpersonal adalah pembicaraan face two face ( tatap muka). Biasanya hal ini sering dilakukan di dalam organisasi,karena dengan adanya interpersonal organisasi akan menjadi lebih baik.
Interpersonal memiliki berbagai macam definisi seperti :
a.     Interpersonal skill (keterampilan interpersonal )
Interpersonal skill ialah suatu keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain. Adapun beberapa interpersonal skill (keterampilan interpersonal).

b.     Komunikasi interpersonal
Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan tanpa menggunakan media massa atau secara face to face. Komunikasi interpersonal biasanya dilakukan oleh dua orang saja yang biasanya disebut komunikasi diadik ( Dyadic communication ) seperti : adik-kakak, suami-istri, dua sahabat dekat, guru-murid dan sebagainya.

c.      Komunikasi massa
Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa baik cetak maupun elektronik yang dikelola oleh lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah oraang besar orang yang tersebar dibanyak tempat.

contoh kasus organisasi dalam kehidupan sehari - hari:
organisasi yang ada di dalam kehidupan sehari - hari ialah organisasi karang taruna. organisasi ini biasanya selalu ada di daerah sekitar kita,organisasi karang taruna merupakan organisasi yang terdiri dari anak- anak muda dari suatu daerah yang membentuk organisasi positif untuk membantu masyarakat disekitarnya.co : orgnisasi karang taruna membuat lomba untuk memperingati maulid nabi Muhammmad SAW.tujuan dari acara tersebut ialah untuk mengembangkan bakat - bakat dari warga di sekitarnya dengan ikut berpartisipasi di dalamnya.selain itu komunikasi jug diperlukan dalam kegiatan karang taruna tersebut agar organisasi dan acara yang dibuat oleh organisasi atau lembaga lainnya dapat berjalan dengan lancar dan baik.





DAFTAR PUSTAKA

Ø www. Google.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar